Pulau Karimun Jawa

10 Agustus 2019 73x Artikel, Informasi

Beranda » Informasi » Artikel » Pulau Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan sebuah pulau yang termasuk di kawasan laut Jawa dan masih termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan luas perairan kurang lebih 110.000 hektare.

Seiring dengan perkembangan zaman, dan melihat destinasi wisata Karimunjawa yang semkin menarik untuk di kunjungi, kini Pulau Karimunjawa menjadi salah satu primadona wisata Indonesia. Karimunjawa selalu jadi pilihan mereka para traveller baik domestik maupun mancanegara.

Bila kita melihat dari sejarah Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Kisah awal dari Sunan Muria yang perihatin atas kenakalan anaknya yang bernama Amir Hasan. Dengan tujuan untuk mendidik anaknya, kemudian Sunan Muria memerintahkan santrinya untuk mengawal anaknya pergi ke pulau yang tampak kremun-kremun (samar) dari pucuk Gunung Muria. Dengan maksud agar anak dapat memperdalam ilmu keagamaan nya di pulau tersebut. Atas dalih kata kremun-kremun inilah pulau ini dinamakan dengan Pulau Karimun. Sehubung dengan pulau masih dikawasan tanah Jawa sehingga digabungkan menjadi Pulau Karimun Jawa.

Keunikan Karimunjawa

Semenjak tahun 2001, Pulau Karimunjawa ditetapkan pemerintah Jepara sebagai Tman Nasional. Dengan kekayaan alam seperti terumbu karang, hutan bkau, pantai yang asri, serta hampir 400 spesies fauna laut menjadi sajian para wisatawan yang menikmati liburan di karimun jawa.Tumbuhan seperti dewadaru, dan stigi menjadi daya tarik sendiri untuk menarik wisatawan. Dengan keasrian alam baik di dalam laut, maupun di darat kini karimunjawa mampu meminkat wisatawan kurang lebih 5.000 lebih wisatawan yang berkunjung setiap bulannya.

Penduduk Karimunjawa

Penduduk Pulau Karimun Jawa kurang lebih 8733 jiwa di 5 pulu yang berpenghuni.Diantaranya adalah pulau Karimunjawa, pulau kemujan, pulau parang, pulau nyamuk, dan pulau genting. Dengn 5 pulau yang berpenduduk, terdapat keunikan tersendiri di masing-masing pulau. Di karimunjawa terdapat 3 suku utama yang menghuni di kepulauan karimunjawa. Suku Jawa yang mendominasi karena Karimun Jawa terletak di tanah Jawa dan Suku Bugis serta Suku Madura.

Kapal Menuju Karimunjawa

kapal-jepara-karimunjawaDari segi geografis Karimunjawa terletak di sebelah Pulau Jawa yang terbentang di sisi utara. Seiring dengan terpisahnya darat Jawa, untuk menuju ke pulau Karimunjawa hanya dapat diakses melalui jalur laut. Jalur laut yang menyediakan penyebrangan hanya di Pelabuhan Kartini Jepara. Terdapat dua kapal pelayanan yaitu Kapal Express Bahari, 2 jam perjalanan dan kapal Ferry Siginjai kurang lebih 4 jam perjalanan. Selanjutnya, mengenai jadwal kapal penyebrangan dapat anda baca artikel kami di menu info jadwal kapal karimunjawa.

Facebook Comments

Baca artikel lainya:

Info Paket Best Seller

 

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.